Dalam hal ini ada 2 pendapat
1. Boleh melaksanak sholat tahyatal masjid namun denga ringan.2. Langsung duduk saja mendengarkan khotbah.
PERTANYAAN
Abdullah Alif'alit Al-Jawi
assalamualaikum.
Mau tnya dunk: bab sholat jum'at,
klu adzan sdh berkumandang, dan khotbah sdh dimulai dan kita baru dtg,
apakah baiknya sholat sunah ato duduk sja mndengarkan khotbah?
sya prnah di bilangin du2k sja dngerin khotbah krn sholat itu sunah dan diam pd saat khotbah itu wajib...
monggo pncerahannya...
JAWABAN
Pendapat pertama (1)
Madzhab syafi'i menganjurkan tetap shalat tahiyatul mesjid dulu tetapi dengan ringkas saja.
ﻭﻟﻮ ﺩﺧﻞ ﻓﻲ ﺃﺛﻨﺎﺀ ﺍﻟﺨﻄﺒﺔ ، ﺍﺳﺘﺤﺐ ﻟﻪ ﺃﻥ ﻳﺼﻠﻲ ﺍﻟﺘﺤﻴﺔ ﻭ ﻳﺨﻔﻔﻬﺎ . ﻓﻠﻮ ﻛﺎﻥ ﻣﺎ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﺴﻨﺔ ، ﺻﻼﻫﺎ ﻭﺣﺼﻠﺖ ﺍﻟﺘﺤﻴﺔ . ﻭﻟﻮ ﺩﺧﻞ ﻭﺍﻹﻣﺎﻡ ﻓﻲ ﺁﺧﺮ ﺍﻟﺨﻄﺒﺔ ، ﻟﻢ ﻳﺼﻞ ، ﻟﺌﻼ ﻳﻔﻮﺗﻪ ﺃﻭﻝ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﻣﻊ ﺍﻹﻣﺎﻡ
Bila seseorang masuk masjid disaat berlangsung khotbah disunahkan
baginya shalat TAHIYYAH ALMASJID dan ringkaskanlah, bila ia mengerjakan
shalat sunnah maka kerjakan dan hasil pulalah pahala shalat tahiyyah,
bila ia masuk masjid dan khotib berada dipenghujung khutbah, maka jangan
melakukan shalat agar tidak hilang kesempatan baginya mengerjakan awal
shalat jumat bersama imam.
(Roudlotut tholibin Juz 2 : Halaman 30)
Pendapat ke Dua (2)
langsung duduk saja
jk khotib tlah duduk di mimbar maka memulai sholat tahiyatul masjid saat
itu hukumnya makruh tahrim, bahkan pendapat yg aujah sholatnya tdk
sah.ketika sdg melakukan sholat tahiyatul masjid misalnya, kemudian
khotib duduk di mimbar maka wajib meringankan sholatnya dengan melakukan
yg wajib2 saja.
- kitab fathul mu'in
وتُكرَهُ تحريماً ولو لمن لم تلزمْهُ الجمعة بعد جلوسِ الخطيبِ على المنبرِ: وإنْ لم يَسمَعِ الخطبة صلاةُ فرضٍ، ولو فائتَةٍ تَذَكَّرها الآن، وإن لزِمَتْه فوراً، أو نَفْلٍ، ولو في حال الدّعاء للسلطان. والأوْجَه أنها لا تنعقِدُ كالصّلاة بالوقتِ المكروهِ، بل أَوْلى. ويَجِبُ على من بِصلاةٍ تخفيفُها، بأن يقتصِر على أقلّ مجزِىءٍ عند جلوسِهِ على المِنبَرِ.- Kitab Iaanah
(قوله: أو نفل) بالجر، معطوف على فرض.(قوله: ولو في حال الدعاء) غاية في الكراهة أيضا.(والحاصل) أنها تستمر إلى فراغ الخطبة وتوابعها.(قوله: والاوجه أنها لا تنعقد) عبارة المغنى: وإذا حرمت لم تنعقد - كما قاله البلقيني - لان الوقت ليس لها، وكالصلاة في الاوقات الخمسة المكروهة، بل أولى، للاجماع على تحريمها هنا، كما مر بخلافها ثم.اه.والفرق حينئذ بينها وبين الصلاة في المكان المغصوب - حيث انعقدت مع أنها تحرم -: أن النهي هنا لذات الصلاة، وهناك لامر خارج، وهو شغل ملك الغير من غير إذنه.(قوله: كالصلاة بالوقت المكروه) أي فإنها لا تنعقد فيه.(وقوله: بل أولى) أي بل عدم انعقادها بعد جلوس الخطيب على المنبر أولى من عدم انعقادها فيه، وذلك لاعراضه عما هو مأمور به، وهو الانصات للخطيب.(قوله: يقتصر الخ) تصوير للتخفيف. (وقوله: على أقل مجزئ) هو الاتيان بالواجبات فقط، كما سيصرح به قريبا. المراد بالتخفيف ترك التطويل عرفا، وعبارتها: والمراد بالتخفيف فيما ذكر، الاقتصار على الواجبات
Dari uraian di atas penulis lebih condong pada pendapat yang pertama, yakni sholat tahiyah dengan ringan ( Atau gerakanya agak cepat) kemudian baru mendengarkan khutbah. demikian wallahu a'lam.
0 komentar:
Posting Komentar